وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Gambar di atas adalah surah Al Isra: 24, yang artinya kurang lebih:
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.

Setahun yang lalu, siang itu dengan penuh kegembiraan, engkau mengabarkan bahwa janin kecil yang dititipkan olehNya sudah hendak keluar melihat dunia. Dengan penuh rasa khawatir kupacu kencang mobilku menuju rumah bersalin yang telah kita sepakati. Sebuah rumah bersalin yang sederhana bahkan seorang dokter yang engkau pilih untuk menjaga agar janin itu menjadi bayi mungil kita adalah ia yang sudah berambut putih dan penuh guratan usia di wajahnya. Tak lama menunggu, engkau segera masuk ruang persalinan itu, dengan penuh harap dan doa kepadaNya kupasrahkan hari itu.

Aku menunggu di luar sembari menanti kedatangan orang tua kita. Sungguh aku tak tahu apa yang harus aku lakukan saat itu selain khawatir dan berdoa.

Tak lama kemudian, terdengar isak tangis yang nyaring dari ruangan itu. Raungan bayi kita, Cintaku. Engkau masih di dalam kamar dan seorang perempuan yang membantu persalinan itu menyerahkan bayi itu kepadaku.
“Tolong di-adzan-i dan di-iqamat-in”, katanya
Sesegera mungkin kulakukan hal itu

.. 1 tahun kemudian ..

Sudah lebih dari 360 hari kita lalui bersama. Sekarang kita sudah bertiga. Semakin sering aku dan engkau bangun malam. Berdua, menjaganya. Bayi kecil yang setahun lalu hanya bisa menangis dan bergerak seraya matanya terpejam sekarang sudah bisa melihat dunia dan seisinya. Bayi yang bernama Raka itu seperti yang kita doakan bersama saat ia masih dalam perutmu. Lihatlah ia begitu ceria, bukan penangis, cepat akrab dengan orang, cerdas, dan terutama Selalu Semangat.

Kini, sudah setahun umurmu Nak. Ijinkan aku dan ibumu tetap menjagamu. Memberikan contoh yang baik kepadamu sehingga kami mampu menjadi orang tua yang baik untukmu. Selalu. Di setiap doaku dan ibumu tersebut namamu. Nama yang nanti semoga menjadi kebanggaan. Bahwa Raka Arfa Daniswara yang berarti anak laki-laki yang mulia dan berbudi luhur, kelak menjadi kenyataan.

Semoga kedua orangtuamu ini bisa mendidikmu di saat kecil, remaja, hingga kelak engkau menemukan pasangan hidupmu. Doa yang kuucapkan ini semoga engkau ucapkan pula.

Amiin..

Iklan